1.
Tujuan yang bersifat formal,
menekankan kepada menata penalaran dan membentuk kepribadian siswa
2.
Tujuan yang bersifat material
menekankan kepada kemampuan memecahkan masalah dan menerapkan matematika.
Secara lebih terinci,
tujuan pembelajaran matematika dipaparkan pada buku standar kompetensi mata
pelajaran matematika sebagai berikut:
1.
Melatih cara berpikir dan
bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melalui kegiatan penyelidikan,
eksplorasi, eksperimen, menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsistensi dan
inkonsistensi,
2.
Mengembangkan aktivitas kreatif
yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran
divergen, orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan, serta mencoba-coba,
3.
Mengembangkan kemampuan
memecahkan masalah,
4.
Mengembangkan kemampuan
menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan antara lain melalui
pembicaraan lisan, grafik, peta, diagram, dalam menjelaskan gagasan.